Gelaran Tour de Siak Genjot Pariwisata Menembus Destinasi Level Dunia




Gelaran Tour de Siak akan kembali digelar pada 19-22 Oktober 2016. Gelaran balap sepeda ini telah menjadi ikon sport tourism kabupaten Siak. Sebuah wilayah yang menjadi jantung dari kebudayaan Melayu. Tak salah bila Kabupaten Siak disebut The Truly Malay. Bila Malaysia mengaku The Truly Asia , pusatnya ada di Kabupaten Siak.

 Kamis (13/10) diadakan press confrence digedung Sapta Pesona lantai 17. Hadir pada acara tersebut Kepala Deputi Pemasaran Wisata Dalam Negeri Kemenpar , Esthy Reko Astuti. Bupati Kabupaten Siak , H.Syamsuar . Selain itu juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau yang mewakili Gubernur Riau H Arsyad Juliandi  Rachman yang batal hadir karena mendadak harus  menghadiri rapat di DPRD Riau. Hadir pula kepala dinas pariwisata Kabupaten Siak, Hendrisan beserta staf terkait . 


Dalam acara siang itu dipaparkan kesiapan Tour de Siak yang akan mengambil jarak sejauh 543 Km dengan empat etape yang seluruhnya berada di dalam kabupaten Siak. Tahun depan Tour de Siak akan dijadikan ajang lomba lintas kabupaten di Provinsi Riau. Bahkan sudah ada pembicaraan awal untuk menyeberangkan lintasan Tour de Siak ke Malaka. Hal ini disampaikan langsung Hendrisan kepada awak media dan blogger. Pihak Konsul  Malaysia di Pekanbaru  sudah mengatur waktu untuk diadakan pembicaraan secara serius kepada Tuan Mentri Besar pariwisata Malaysia .

Bila hal ini bisa diwujudkan maka pasar bebas MEA sudah dapat dijalankan dengan baik. Melalui gelaran Tour de Siak diharapkan aliran kunjungan dari kedua negara tetangga akan semakin tinggi. Total kunjungan wisatawan asal Singapura dan Malaysia semakin meningkat. Bupati Siak menyebutkan angka kenaikan kunjungan wisatawan ke Siak  hingga ratusan persen. 

Maka gelaran Tour de Siak, sebagai  corong promosi wisata berbasis sport tourism juga akan berdampak ke destinasi wisata yang ada di Siak dan kabupaten lainnya yang ada di propinsi Riau. Bila sebelumnya Riau hanya bergantung pada migas dan perkebunan sawit , sudah saatnya sektor pariwisata akan digenjot secara maksimal.  

Trek Tour de Siak, Beda gaya dengan Tour de Singkarak

Hamparan Kebun sawit yang berjajar rapi diselingi ladang persawahan yang menguning menjadi  pemandangan yang indah ketika dilewati para atlit sepeda balap dunia. Trek Tour de Siak memang lebih banyak berkontur datar. Kontur datar sangat disenangi pembalap ketika menggeber sepedanya. Kecepatan maksimun lebih mudah didapat . Beda dengan trek pada Tour de Singkarak yang lebih banyak menanjak dan menurun karena berbukit bukit dan juga berkelok kelok.

Gelaran Tour de Siak 2016 merupakan gelaran ke-empat sejak diadakan pada tahun  2013 setahun setelah PON  Riau 2012. Kabupaten Siak yang pada pelaksanaan PON 2012 mendapat jatah untuk melaksanakan even balap sepeda. Berbekal pengalaman inilah , kabupaten Siak berani mengadakan even balap sepeda bertaraf Internasional yang masuk dalam kalender rutin Union Cycling International (UCI) .

Tour de Siak 2016 memang digelar untuk menarik wisatawan asal negara tetangga serumpun. Malaysia dan Singapura. Siak secara catatan sejarah memiliki hubungan dengan wilayah Trengganu. Karena Sultan Siak ke-6 mangkat dan dimakamkan di wilayah Trengganu, Malaysia. 

Tahun ini Tour de Siak diikuti 15 tim , lebih sedikit dari target yang ditetapkan panitia. Hal ini bisa terjadi karena jadwal Tour de Siak bergeser ke bulan Oktober disebabkan adanya perhelatan PON Jawa Barat pada bulan September. Selain itu jadwal Tour de Siak terlampau dekat dengan perhelatan serupa yang diadakan di Malaysia , “Jelajah Malaysia”.

Walau begitu Tour de Siak kali ini dipastikan tidak akan terganggu oleh kabut asap seperti tahun sebelumnya.  Hanya saja saat ini hujan sering turun dan sedikit banyak akan membuat trek menjadi licin dan bisa menyebabkan kecelakaan bagi pembalap.

Sebelum gelaran Tour de Siak dilangsungkan pada 19-22 Oktober, sejak tanggal 17 Oktober pemerintah Kabupaten Siak akan menyiapkan beberapa gelaran budaya seperti  permainan gasing,perainan kompang yang akan dimainkan hingga 2000 orang , bazar rakyat dan beberapa lomba bagi masyarakat umum.

Kabupaten Siak Kaya Akan Destinasi Wisata

Kabupaten Siak memang tanah melayu. Pusat kebudayaan kerajaan Siak yang telah ada sejak abad ke-16, Istana kerajaan Siak  yang berdiri sejak tahun 1723 M masih dapat disaksikan secara utuh.  Istana Siak yang dibangun oleh seorang arsitek berkebangsaan Jerman dengan menggabungkan unsur Eropa, India dan Arab. Selain istana Siak yang melegenda , Siak memiliki wisata alam. Wisata budaya, wisata kuliner, wisata buatan dan beberapa even wisata tingkat lokal dan dunia yang salah satunya Tour de Siak.

Nah, beberapa wisata Siak memang menarik. Siak sendiri dilalui sungai Siak yang merupakan sungai yang memiliki panjang hingga 300 Km dengan lebar tak kurang dari 300 meter. Sungai Siak memiliki kedalaman dari 6-26 m. Jadi jangan heran bila ada beberapa kapal besar bisa melayari sungai Siak.

Selain itu ada Danau Zambrut yang memiliki luas sekitar 28.000 Ha. Ditengah danau ini terdapat sebuah pulau yang bisa bergerak karena tiupan angin. Pulau ditengah danau zambrut dihuni ribuan kelelawar. Selain danau Zambrut yang sangat eksotis , Siak juga memiliki danau Naga Sakti dan danau Bawah.

Siak memiliki banyak destinasi wisata yang luar biasa. Selain wisata budaya dan alam . Siak juga memiliki wisata buatan yang sayang untuk dilewatkan. Tiga buah jembatan yang dibuat sebagai sarana penghubung.Ada Jembatan Teuku Agung Sultanah Latifah, Jembatan Sultan Syarif Hasyim dan  Jembatan Sultan Abdul Jalil Rachmansyah. Tiga jembatan yang dibangun sangat megah dengan panjang lebih dari satu kilometer dan tinggi 23 meter dari permukaan air. 

 Bila anda berkunjung ke Kota Siak, ada banyak bangunan sejarah yang punya nilai historis. Selain itu terdapat Waterfront City tempat yang asik untuk hangout. Bila menjelang sore tempat ini didatangi banyak orang untuk sekedar melihat  Matahari masuk ke peraduan atau sekedar berfoto bersama.

Kabupaten Siak salah satu kabupaten yang sangat siap untuk mengembangkan wisata. Kota Siak sendiri kini didatangi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota Siak memang terus ditata untuk bisa menjadi ikon wisata level dunia. Perpaduan wisata sejarah dengan wisata buatan modern akan menjadikan wajah kota Siak menjadi tempat yang akan diburu para pelancong dari berbagai penjuru dunia.


Head To Head Dengan Singapura dan Malaysia

Kabupaten Siak dan tentu juga Propinsi Riau menjadi garda paling depan yang  berhadapan dengan dua negara yang menjadi pesaing wisata Indonesia. Walau saat ini wisata Indonesia lebih banyak dikunjungi wisatawan asal China namun bukan berarti kunjungan asal Singapura dan Malaysia akan ditinggalkan.

Dengan jarak yang hanya beberapa menit dari Singapura dan Malaysia , Riau menjadi destinasi penarik wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Singapura dan Malaysia. Saat ini ada tiga penerbangan langsung ke Pekanbaru dari Kualalumpur dan Singapura. Diharapkan kunjungan wisatawan internasional akan menjadikan Riau sebagai alternatif kunjungan wisata prioritas. 

Mengingat kekayaan Riau dan tentunya Kabupaten Siak yang sangat eksotis. Tentu kerja menarik wisatawan internasional bukan pekerjaan seperti membalikkan telapak tangan. Perlu dukungan dan kerja cerdas dari seluruh unsur . Baik pemerintah pusat , pemerintah daerah , pengusaha swasta, komunitas traveling, budayawan, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga seluruh masyarakat Riau.

Sudah saatnya kerja mengembangkan pariwisata menjadi prioritas penting, karena pariwisata bisa mendongkrak ekonomi  daerah dan masyarakat secara signifikan. Efek besarnya adalah terciptanya perkembangan wilayah wisata unggulan yang akan mendulang pundi kejayaan dan kekayaan bumi lancang kuning.

Yuk, berkunjung ke Siak, Sukseskan Tour de Siak. Salam Pesona Indonesia.
Gelaran Tour de Siak Genjot Pariwisata Menembus Destinasi Level Dunia Gelaran Tour de Siak Genjot Pariwisata  Menembus Destinasi Level Dunia Reviewed by Unknown on 15.51 Rating: 5

1 komentar:

  1. Semoga pariwisata Indonesia semakin berjaya. Baik di tanah sendiri hingga ke mancanegara :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.