Menjajal Kuliner Laut Makassar di Dermaga Makassar BSD




Bosan dengan menu biasa biasa saja ? Ingin kuliner yang bergizi tapi enak di lidah ? Rasanya menu hidangan laut asal Makassar perlu dicoba. Makanan laut asal makassar memang sudah kadung terkenal. Sebuah jaminan mutu. Bumbu rempah yang ‘berani’ dengan tambahan sambal dan acar yang menambah selera.  Proses pengolahannya juga bisa dipilih. Digoreng, dibakar atau dimasak menjadi sup ikan. Semuanya pilihan yang menarik dan tentunya menggoda selera.

Kamis, 7/1 saya mendapatkan undangan dari Dermaga Makassar Seafood untuk menjajal kuliner laut asal Makassar. Sebelumnya sebagai informasi, Dermaga Makassar sebuah restoran yang mengkhususkan diri pada sajian kuliner laut khas Makassar. Walaupun sejatinya restoran ini awalnya buka di kota Surabaya. 

Dikota pahlawan ini Dermaga Makassar memulai usaha kulinernya. Memiliki dua cabang di Surabaya. 
Pada tanggal 2 Desember 2015 Dermaga Makassar resmi membuka sayapnya di Breeze Mall BSD. Sajian dan menunya sama dengan yang ada di kota pahlawan.  Hanya konsep tampilan restoran yang berbeda. Membidik kelas menangah atas yang berada di sekitaran BSD, Tangerang selatan hingga selatan kota Jakarta. Dermaga Makassar BSD memulai operasionalnya dengan memboyong konsep restaurant keluarga .


 Terdiri dari tiga lantai, dengan areal indoor dan outdoor.

Lokasi Dermaga Makassar BSD sangat mencolok mata karena gedungnya sendiri berdiri megah persis di sisi sungai Cisadane. Untuk suasana , Dermaga Makassar BSD sangat menarik. Dikelilingi kawasan hijau dengan kolam ikan buatan. Tersedia pula area playgorund untuk anak anak.

Bila datang dimalam hari , suasana Dermaga Makassar BSD sangat menarik karena akan terlihat kilau kilau lampu . sangat romantis . Apalagi bila memilih duduk di area outdoor sambil memandang suasana diluar yang temaram di timpa sinar bulan. 

Saat ini Dermaga Makassar baru mengoperasikan lantai satu. Untuk area indoor terdapat kurang lebih 160 tempat duduk, di area outdoor ada sekitar seratus tempat duduk. Kapasitas keseluruhan bisa menampung  260 pengunjung. Dilantai dua telah disiapkan area VIP dengan sekat kaca. Ada empat sekat yang punya kapasitas hingga sepuluh orang. Sekat kaca juga bisa digabung hingga dapat menampung dua puluh pengunjung VIP . Di lantai tiga bisa digunakan untuk acara komunitas, ulang tahun, rapat perusahaan, dan berbagai macam acara yang membutuhkan tempat yang lebih privat dengan peserta lebih banyak.

Menurut Alexander Mogi yang biasa di sapa Alex selaku pmb assosiete Dermaga Makassr BSD. Dermaga Makassar BSD memang belum sepenuhnya membuka area dilantai dua dan lantai tiga. “Masih melihat perkembangan selama semester pertama tahun 2016 ini” begitu Alex menambahkan. 

Saat ini Alex masih memaksimalkan  kunjungan di lantai satu. Walau begitu sarana lantai dua dan tiga telah siap digunakan sewaktu waktu. 


Menu Spesial yang Istimewa

Kelebihan Dermaga Makassar BSD dari restauran seafood lainnya adalah menu spesial  yang tidak banyak dimiliki restauran sejenis. Seperti menu Ikan Kudu kudu yang hanya ada di perairan sulawesi selatan . Ikan kudu kudu (boxfish) memang berbentuk kotak segilima dengan kulit  berbentuk cangkang yang keras. Wajah ikan yang seram dengan nama ilmiah ostraction ini merupakan ikan yang memiliki tekstur daging yang sangat enak. Di Dermaga Makassar BSD ikan kudu kudu di masak dengan cara digoreng fillet dengan  telur asin. Saya yang baru pertama kali menikmati ikan jenis ini punya pendapat yang cukup exited. Rasanya renyah dengan rasa telur asin yang cukup kuat. Tak usah kuatir terkena duri ikan karena ikan kudu kudu hanya sedikit memiliki tulang yang berada ditengah tubuhnya.


Selain ikan kudu kudu yang menjadi menu favorit terdapat pula  ikan sukkang . Di Dermaga Makassar BSD ikan sukkang diolah dengan dibakar rica rica atau terserah pilihan lainnya. Selain ikan kudu kudu menu ikan sukkang juga menjadi ikan favorit yang sering di order pengunjung . Daging ikan sukkang dengan serat lembut terasa yummi di dalam mulut. Ditambah dengan rasa sambal rica yang ‘nendang’ di lidah . Jadilah sajian siang itu tandas dengan cepat. 

Siang itu juga disajikan sup ikan bandeng cabut duri. Biasa diberi nama Sup palumara . Menurut mba Marla yang asli asal Makassar sup palumara biasanya menggunakan ikan bolu. Rasa sup ikan ini sangat kuat rasa asam dari belimbing wuluh. Suegerr sekali terasa dilidah saya. Sup ikan palumara ini menggunakan ikan yang memiliki lemak  yang gurih. Tapi tak usah kuatir lemak ikan baik untuk tubuh karena banyak mengandung lemak baik omega 3.

Ikan kerapu jenis kerapu susu juga disajikan dengan cara digoreng. Jenis ikan kerapu bermacam macam, seperti ikan kerapu macan atau ikan kerapu tikus. Ikan kerapu yang disajikan memilki daging yang lembut dan enak. Memang sulit memilih rasa ikan yang semuanya punya taste yummy. Yang itu enak yang ini enak. Wualah enak semua rasanya.


Selain jenis ikan juga disajikan kerang bambu yang di steam dengan tambahan citarasa bawang putih. kerang jenis ini memang berada dalam cangkang seperti bambu. Memanjang , tidak seperti jenis kerang yang lain. Isi kerangnya pun ikut memanjang. Untuk rasa , kerang bambu tidak kalah dengan rasa kerang hijau yang sering dijumpai pada umumnya. Kerang bambu  punya tekstur daging yang lembut . Kerang bambu juga  kaya akan protein dan berguna bagi kesehatan jantung.

Tak ketinggalan hidangan laut yang sangat populer cumi cumi. Hewan laut bertentakel ini memang termasuk menu wajib di hampir setiap restauran seafood. Rasa cumi di Dermaga Makassar BSD yang disajikan siang itu sangat menggoda selera. Cumi bakar kecap yang disajikan terasa manis karena resapan rempah rempah bumbu pilihan . 

Kenapa harus mencoba hidangan laut di  Dermaga Makassar BSD

Bila anda penggemar berat hidangan laut dan ingin merasakan sensasi rasa yang benar benar pas . Mencoba menu di Dermaga Makassar  BSD punya sensasi tersendiri , tak banyak restauran hidangan laut yang memiliki konsep dan lokasi yang menarik. 

Dermaga Makassar BSD terletak di lokasi yang sangat strategis. Di lingkungan hijau nan asri . Tepat berada di sisi sungai Cisadane yang membelah jantung Tangerang. Bangunan Dermaga Makassar BSD dibuat dengan suasana kehangatan keluarga. Layanan prima dan jaminan bahan baku  ikan yang bersih dan terhindar dari  bakteri yang merugikan seperti salmonella.

Ikan yang menjadi bahan baku berasal dari perairan yang bebas dari polutan. Dibawa dalam keadaan segar. Sebagian dibawa dalam keadaan masih hidup. Dermaga Makassar BSD menyimpan ikan dalam lemari pendingin berstandar internasional . Ikan yang telah keluar dari lemari pendingin tak akan dikembalikan kembali ke dalam lemari pendingin. Ikan yang telah keluar harus habis masak. Artinya tak ada sisa ikan yang belum dimasak. Dengan begitu tak ada bakteri yang masuk kedalam bahan baku ikan yang akan disajikan. 

Di sisi sebelah kiri tersedia corner untuk ikan dan bahan baku makanan yang siap di masak. Baik dalam 
keadaan hidup atau dalam keadaan beku.

Dermaga Makassar BSD memberikan kebebasan bagi pengunjung untuk mencampur atau membuat sambalnya sendiri. Tersedia enam macam jenis sambal yang dapat dipadu padankan. Bahkan dimix menjadi satu. Saya sendiri mencoba membuat sambal sesuai selera , tak perlu kuatir karena kalaupun campurannya kurang pas tetap saja terasa nikmat.

Sumber gambar : Rushan Novaly
Menjajal Kuliner Laut Makassar di Dermaga Makassar BSD Menjajal Kuliner Laut Makassar di Dermaga Makassar BSD Reviewed by Unknown on 07.28 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.